Press "Enter" to skip to content

Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Tahun 2017

Admin Kominfo 0

Inspektorat Daerah Kota Depok mengadakan Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Tahun 2017. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19 sampai dengan 21 Juni 2017 bertempat di Hotel Bumi Wiyata Depok. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengevaluasi hasil penilaian maturitas SPIP yang telah diselenggarakan pada tanggal 8 Maret 2017 bersama BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Terdapat 5 unsur dan 25 sub unsur yang dinilai pada penilaian maturitas SPIP pada bulan Maret lalu yaitu unsur :

  1. Lingkungan Pengendalian;
  2. Penilaian Risiko;
  3. Kegiatan Pengendalian;
  4. Informasi dan Komunikasi; serta
  5. Pemantauan

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan Bimbingan Teknis ini adalah Tuti susilawati, Siti kasiati siregar, dan Agus saragih dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Peserta pada kegiatan ini adalah para auditor dan Pengawas Pemerintahan Inspektorat Daerah Kota Depok serta Perangkat Daerah yang dijadikan sampel responden pada penilaian maturitas SPIP Kota Depok yaitu :

  1. Sekretariat Daerah,
  2. Inspektorat Daerah,
  3. Dinas Pendidikan,
  4. Dinas Kesehatan,
  5. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
  6. Dinas Perumahan dan Permukiman,
  7. Dinas Komunikasi dan Informatika,
  8. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,
  9. Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah,
  10. Dinas Perhubungan,
  11. Badan Keuangan Daerah,
  12. Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

Fokus pada Bimbingan Teknis ini adalah diskusi mengenai identifikasi dan menganalisis risiko serta cara penanganannya. Setelah menganalisis risiko yang ada, kemudian membuat RTP (Rencana Tindak Pengendalian). RencanaTindak pengendalian merupakan uraian tentang upaya pemerintah untuk mencapai berbagai tujuan dan sasaran dengan menggunakan kebijakan dan prosedur untuk meminimalkan risiko, yang meliputi upaya penguatan lingkungan pengendalian dan penguatan struktur, kebijakan, dan prosedur organisasi untuk mengendalikan risiko. Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian mengacu kepada lima unsur pengendalian intern yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, komunikasi dan informasi, dan pemantauan/monitoring. Informasi untuk mempersiapkan rencana tindak pengendalian intern diperoleh dari hasil evaluasi, penilaian, atau pemetaan atas sistem pengendalian intern yang ada, dengan memperhatikan struktur dan praktik tata kelola organisasi.

Comments are closed.