Press "Enter" to skip to content

Irda Depok Ditargetkan Raih Predikat A Laporan Penilaian SAKIP

Admin Inspektorat 0

Inspektur pada Irda Depok, Firmanuddin (jaket hitam)

Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok belum lama ini menghadiri Musyawarah Inspektorat se-Jawa Barat (Misbar) yang diadakan Inspektorat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dalam kegiatan tersebut, pihaknya ditargetkan dapat meraih predikat A dalam Laporan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

“Terkait target penilaian SAKIP, Pak Gubernur berharap kalau kita dari Pemda bisa meraih hasil dengan predikat A, sama seperti yang diraih Provinsi. Kalau saat ini masih B,” kata Inspektur Kota Depok, Firmanuddin di Bumi Sampireun, beberapa waktu lalu.

Karena itu, guna mewujudkan hal tersebut pihaknya memiliki dua langkah strategis. Yaitu meningkatkan sinergisitas bersama Perangkat Daerah (PD) terkait dan pembangunan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Auditor. 

Dikatakannya, latar belakang pendidikan di personel Inspektorat itu beragam. Berbeda halnya dengan lembaga pengawas lainnya, seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pengawasan Keuangan (BPK), yang sudah disiapkan untuk tugas-tugas pengawasan sejak dari bangku sekolahnya.  

“Karena itu peningkatan kualitas aparatur pengawasan juga menjadi konsentrasi kami ke depan,” tuturnya.

Dikatakannya, peningkatan kualitas tersebut dilakukan dengan beragam Pengembangan Profesi. Seperti Pengembangan Pelatihan Mandiri (PPM) atau Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS).

Peningkatan kompetensi, lanjut Firmanuddin, akan difokuskan pada teknis substansi kegiatan pengawasan. Seperti melakukan audit barang jasa, membangun manajemen risiko, implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

“Meskipun secara jumlah auditor yang kami belum ideal, mudah-mudahan dengan peningkatan kualitas SDM bisa mendorong perolehan penilaian SAKIP Kota Depok menjadi A. Kami juga tetap berharap, beberapa tahun mendatang bisa mendapatkan jumlah SDM yang sesuai kebutuhan,” pungkasnya.