Press "Enter" to skip to content

Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) – Sosialisasi Mengenai Pengadaan Barang dan Jasa dengan E-Catalog

Admin Inspektorat 0

Kegiatan sosialisasi di laksanakan pada tanggal 18 Oktober 2018, bertempat di Aula Kantor Inspektorat Daerah Kota Depok. Dihadiri oleh seluruh ASN di lingkungan Inspektorat Daerah Kota Depok. Adapun narasumber di isi oleh Pejabat dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Definisi E-Purchasing  mengacu pada definisi yang tercantum dalam Pasal 1 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentan Pengadaan barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan Kepala Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Katalog Elektronik dan e-Purchasing di Lingkungan Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah. 

Pengadaan barang dengan E-Catalog adalah system informasi elektronik yang memuat daftar, jenis spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia barang jasa Pemerintah.

E-Puchasing adalah tata cara pembelian Barang/Jasa melalui system katalog elektronik.

            Manfaat dari e-catalog dapat mempercepat proses pengadaan satuan kerja sesuai kebutuhan dan karakteristik daerah, proses pemilihan sekali untuk 2 sd 3 tahun kontrak katalog, variasi produk dapat meningkatkan jenis dan variasi produk dan layanan purna jual dalam e-catalog, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku usaha khususnya UMKM, dan memperluas pemasaran produk local.

            Pendekatan dalam identifikasi barang dan jasa untuk e-catalog adalah target output kegiatan dan format satuan dalam penganggaran, pekerjaan barang ajsa terpasang dan bahan material/barang satuan.

 

Comments are closed.