Press "Enter" to skip to content

PENGUKUHAN SATUAN TUGAS SAPU BERSIH PUNGUTAN LIAR (SABER PUNGLI) KOTA DEPOK TAHUN 2017

Admin Kominfo 0

Walikota Depok KH Muhammad Idris mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Depok Tahun 2017 di Ruang Edelweis, Kantor Walikota Depok pada tanggal 9 Maret 2017. Satgas Saber Pungli Kota Depok yang dilantik terdiri dari unsur ASN Pemerintah Kota Depok, aparat penegak hukum, kelompok ahli yang terdiri dari :

  1. Polres Kota Depok,
  2. Kejaksaan Negeri Kota Depok,
  3. Badan Intelijen Negara (BIN) Kota Depok,
  4. Komando Distrik Militer (Kodim) Kota Depok,
  5. Dosen Universitas Indonesia

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) diketuai oleh Wakil Kepala Kepolsian Resor (Wakapolres) Depok AKBP Candra Sukma Kumara, S.iK, MH.

Dibentuknya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) merupakan perwujudan dari komitmen pemerintah dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 87/2016 tentang Satgas Saber Pungli yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungli dalam Penyelengaraan Pemerintahan Daerah.

Satgas Saber Pungli ini merupakan perwujudan dari reformasi di bidang hukum dalam rangka percepatan pemulihan kepercayaan publik terhadap lembaga pemerintahan serta untuk pembangunan budaya hukum. Dengan dikukuhkannya Tim Saber Pungli ini, diharapkan tercipta kondisi pemerintahan di Kota DepokĀ  yang bersih, berwibawa serta berkelanjutan. Walikota Depok mengharapkan agar Satgas Saber Pungli bisa melaksanakan tugasnya secara profesional, terukur, sesuai dengan tanggungjawab dan kewenangan yang diberikan,

Dalam pelaksanaan tugasnya Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi intelejen, pencegahan, penindakan, dan yustisi serta mempunyai kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, melakukan pengumpulan data informasi yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi, mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar, kemudian juga melakukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi kepada pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai ketentuan yang berlaku, memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit Saber Pungli di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik serta melaksanakan evaluasi kegiatan pembarantasan pungli.

Selanjutnya Walikota Depok Mengharapkan Tim Satgas Saber Pungli yang baru dikukuhkan ini, segera disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga berguna bagi peningkatan pelayanan masyarakat oleh aparatur .

 

Comments are closed.