Press "Enter" to skip to content

Raih Penghargaan Akuntabilitas, Fungsi Inspektorat Daerah Kota Depok Diharapkan Meningkat

Admin Inspektorat 0

Inspektur pada Inspektorat Daerah Kota Depok, Firmanuddin (tengah) menerima Penghargaan Akuntabilitas dari BPKP Jabar.

Dua Penghargaan Akuntabilitas yang diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Depok baru-baru ini, direspons positif Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok. Dengan penghargaan yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat diharapkan meningkatkan pelaksanaan fungsi Irda Depok di seluruh Perangkat Daerah (PD)

“Salah satu fungsi Irda Kota Depok, yaitu membantu membangun sistem pengendalian internal pada semua PD, sampai pada level kegiatan,” kata Inspektur Daerah Kota Depok.

Dikatakannya, dua penghargaan yang diterima Pemkot Depok adalah Penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level III. Dengan peringkat Terdefinisi, karena telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik.

Lebih lanjut, ucap Firman, peningkatan kapabilitas merupakan upaya memperkuat dan mengembangkan kelembagaan, tata laksana atau manajemen. Selain itu, peningkatan ini juga langkah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) APIP, agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara efektif.

Firman menambahkan, penghargaan kedua yang diterima Pemkot adalah Penghargaan Kapabilitas Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Level III. Yaitu peringkat Terintegrasi, karena dinilai mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern.

“Dengan dua penghargaan ini, diharapkan Inspektorat mampu menjadi mitra bagi semua PD dalam mencapai seluruh target dan tujuan organisasi,” tutupnya.