PEMBANGUNAN KARAKTER BERTEMA “SERVICE EXCELLENT” DILINGKUNGAN INSPEKTORAT DAERAH KOTA DEPOK


                    Hari Rabu, 24 Maret 2024, Inspektorat Kota Depok mengikuti kegiatan Pembangunan Karakter oleh BKPSDM di aula Inspektorat Daerah. Kegiatan kali ini bertema Service Excellent (Berorientasi Pelayanan) dengan narasumber Ust. Dr. KH. Muhammad Said, M. Hum. Beliau menyampaikan “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (Hadits Riwayat ath-Thabrani). Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai ASN Pemerintah Kota Depok yang bertugas melayani masyarakat, hendaknya menerapkan hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

           Beliau menjelaskan ada 3 unsur pelayanan, yaitu penyelenggara pelayanan, penerima pelayanan dan kepuasan layanan. Penjelasan mengenai unsur-unsur pelayanan publik dijelaskan lebih lanjut dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Hasil atau output yang diharapkan dari proses pelayanan adalah kepuasan atas pelayanan.  

          Adapun landasan hukum pelayanan dalam Al-Qur’an adalah Q.S Al Qasas: 77 “Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan”. Ust. Dr. KH. Muhammad Said, M. Hum meyampaikan hendaknya orientasi pelayanan yang kita lakukan sebagai ASN Pemerintah Kota Depok adalah sebagai ladang ibadah kepada Allah SWT.